ISBN 978-602-74103-0-5
Evaluasi Hasil Belajar, merupakan Mata Kuliah dari
pecahan rumpun bidang ilmu pendidikan
yang tersebar dalam kurikulum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di
semua label Program Studi Pendidikan yang tersebar pada seluruh Perguruan
Tinggi di Indonesia. Namun, sudah berapa banyakkah almamater dan alumnus dari
Perguruan Tinggi yang ada, mampu untuk mengimplementasikan konsep dari evaluasi
hasil belajar ini dengan tepat? Bahkan efektif dan efisien? Sehingga nantinya,
alat untuk mengevaluasi hasil dari suatu proses belajar ini dapat bekerja
secara objektif (baca: apa adanya) untuk memecahkan setiap persoalan
pembelajaran yang ada? Evaluasi hasil belajar yang baik adalah evaluasi
yang berlangsung secara jujur, sesuai dengan batasan-batasan yang ada, serta
bertanggungjawab, dan bukan dengan berbagai macam modus dan kepentingan yang
justru nantinya akan menghancurkan esensi dari evaluasi hasil belajar tersebut. Buku
ini merupakan salah satu seri pengalaman penulis sebagai dosen dalam Mata
Kuliah Evaluasi Hasil Belajar di beberapa Perguruan Tinggi yang pernah
mempercayakan penulis untuk mengampu Mata Kuliah ini. Kehadiran buku ini adalah untuk dijadikan panduan
dan pedoman dalam memahami, mempelajari, serta mendesain item-item yang
berkaitan dengan Evaluasi Hasil Belajar. Terdiri dari 6 (enam) bagian substansial
dalam mengevaluasi hasil belajar secara baik dan benar. Bagian Pertama, adalah Esensi Evaluasi Hasil Belajar. Bagian Kedua, Tes Hasil Belajar. Bagian Ketiga, Pengukuran Hasil
Belajar. Bagian Keempat, Penilaian Hasil Belajar. Bagian
Kelima, Validitas Dan Realibilitas Instrumen. Bagian Keenam, Takonomi Hasil Belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar